STUDI KELAYAKAN FEASIBILITY STUDY


  • Adalah penelitian atau kajian tentang dapat tidaknya suatu proyek dilaksanakan dengan berhasil.

    Bagi pihak swasta, keberhasilkan suatu proyek lebih kepada manfaat ekonomi dari suatu investasi, sedangkan bagi pemerintah maupun lembaga non profit, pengertian keberhasilan bisa dalam arti relatif seperti manfaat bagi masyarakat, pemanfaatan sumber daya dan sebagainya.

    JASA YANG KAMI TAWARKAN

    Pra Studi Kelayakan:
    Kajian lebih mendalam kepada aspek pasar yang biasanya didukung oleh suatu kegiatan penelitian kapasitas dan penyerapan pasar (market research). Hasil dari kajian market ini menentukan jenis,kapasitas, sifat dan jumlah investasi suatu proyek yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu studi tersebut diperlukan bagi pihak investor untuk menyusun rencana pembangunan proyek yang lebih rinci, yang meliputi spesifikasi teknis, jenis produk dan kapasitas produksi, rencana anggaran biaya Investasi dan modal kerja), struktur organisasi proyek dan manajemen, dengan mengacu kepada segmen pasar yang dituju.

    Studi Kelayakan untuk pihak kreditur/bank :
    Kajian usaha yang dilakukan secara komprehensip guna menilai kelayakan suatu rencana proyek, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip perkreditan yang lazim dikenal dengan 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition). Aspek usaha yang dikaji tidak terbatas pada kajian teknis/operasional saja namun juga kepada aspek umum & legalitas, pasar & pemasaran, organisasi & manajemen, sosial ekonomi serta aspek kuangan sebagai muara dari seluruh kajian usaha. Studi kelayakan ini merupakan dasar acuan pihak kreditur dalam memutuskan pemberian fasilitas kredit (investasi dan/ modal kerja) terhadap proyek tersebut, baik yang berstatus proyek baru maupun dalam rangka pengembangan proyek/usaha

    PENGGUNA JASA

    •  Investor, pihak yang menanamkan modalnya untuk suatu proyek akan lebih memperhatikan prospek usaha berupa tingkat keuntungan yang diharapkan berbanding investasi yang dikeluarkan beserta risiko-risiko yang akan dihadapi dimasa akan datang.
    •  Kreditur/bank, proyek yang dibangun sesuai dengan rencananya akan memberikan rasa aman kepada pihak kreditur/bank yang memberikan pinjaman, karena mereka mengharapkan bahwa penerimaan bunga dan angsuran pokok atas hutang akan juga dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan.
    •  Pemerintah, proyek yang dibangun sesuai dengan rencananya akan memberi manfaat kepada pemerintah, baik yang berupa penghematan devisi, menambah devisa atau memperluas kesempatan kerja.

    KENAPA TNR

    Tnr didukung oleh tenaga yang berpengalaman dengan spesialisasi khusus dalam melakukan kajian berbagai macam industri, seperti:


    • Memiliki tenaga ahli dalam bidang teknis sipil, rekayasa teknis, perkebunan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, akuntansi dan manajemen industri.
    • Tenaga ahli TnR berasal dari beberapa perusahaan penilaian besar yang ada di Indonesia sehingga memiliki pengalaman yang cukup lengkap di dalam melakukan studi kelayakan di berbagai macam industri baik yang berskala kecil, menengah sampai dengan skala besar.

    PROYEK YANG PERNAH DIKERJAKAN (RECENTS PROJECTS)

    Berbagai jenis proyek dari berbagai industri seperti pabrik kelapa sawit, perkebunan sawit, karet, jeruk dan lainnya, peternakan, mal, hotel, perumahan, apartemen, pembangkit tenaga listrik, telekomunikasi, pertambangan, oil & gas, konstruksi, transportasi (darat, laut & udara), distributor,otomotif, dock & galangan kapal, teknologi & informatika, pariwisata, pendidikan, infrastuktur, jalan tol, industri gula, industri tepung, trading, textile, rumah sakit, SPBU/E, retail dan lainnya .

    KONTAK UNTUK KONSULTASI (021-3456783)

    Restu Ananda, Email : restu@tnr.co.id
    Yohn PS Napitupulu, Email : yohn@tnr.co.id
    Ivan Aditirta Kosasih, Email : ivan_a_k@tnr.co.id